Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA MENGATASI HIDUNG MAMPET SEBELAH AMPUH!

CARA MENGATASI HIDUNG MAMPET SEBELAH



Bagaimana jika Anda masih meremehkan hidung tersumbat atau hidung tersumbat? Kondisi hidung tersumbat ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan mengganggu aktivitas Anda. Perasaan tidak nyaman ini pada akhirnya akan membuat Anda mencari sejuta cara untuk menghilangkan hidung tersumbat dengan cepat dan tepat.


Cara terbaik untuk mengatasi hidung tersumbat tentu saja menghindari insentif dan penyebab situasi ini. Pasalnya, bisa saja berasal dari lingkungan sekitar. Dari debu hingga asap, pemicu yang berbeda ini pada akhirnya akan menyebabkan tubuh menjadi tidak sehat dan menyebabkan hidung tersumbat.


Jangan panik ketika Anda memiliki hidung tersumbat. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk meredakan gejala tersebut agar pernapasan Anda bisa kembali normal. Namun ingat, saat gejalanya membaik, usahakan untuk memperkuat kekebalan tubuh dan menjauhi penyebab hidung tersumbat, agar tidak muncul kembali gejala mengganggu tersebut.


BAGAIMANA CARA MENGATASI HIDUNG MAMPET SEBELAH

Mengatasi hidung tersumbat pun tidak harus menunggu dengan pasrah sampai penyebab hidung mampet hilang dan pernapasan kembali lega. Terdapat beberapa cara untuk mengatasi hidung tersumbat tanpa harus dengan berobat ke dokter. Kamu bisa melakukan beberapa cara meredakan keluhan hidung tersumbat hanya dari rumah dan menggunakan perlengkapan yang sederhana seperti di bawah ini:


1.  Menjaga Suhu Tubuh Tetap Hangat

Lendir di rongga hidung yang menyebabkan hidung tersumbat menjadi lebih mudah menebal apabila kamu merasa kedinginan atau saat suhu tubuh menurun. Karena itu, jika kamu sudah merasakan hidung mampet, cobalah meredakannya dengan menjaga suhu tubuh agar tetap hangat. Kamu bisa mematikan air conditioner maupun kipas angin untuk menghangatkan tubuh. Bisa juga ditambah dengan menggunakan pakaian hangat dan selimut ketika tidur. Mengonsumsi minuman hangat seperti jahe, teh, hingga air putih pun bisa menjadi alternatif untuk menghangatkan tubuh guna mengurangi gejala hidung mampet.


2.  Menghirup Uap Hangat

Kamu bisa mengatasi hidung tersumbat bahkan dengan segelas air panas. Cukup masak air panas sampai mendidih dan taruhlah pada wadah yang aman. Taruhlah wajahmu di hadapan wadah air panas tersebut, lalu secara perlahan hiruplah uang hangatnya. Uap tersebut akan membantu mencairkan lendir di rongga hidung yang menjadi penyebab hidung mampet. Untuk hasil lebih efektif, kamu bisa menambahkan bawang putih yang sudah memarkan ke wadah air panas tersebut. Uap hangat yang sudah bercampur dengan zat bawang putih terkenal efektif membunuh bakteri maupun jamur yang bisa jadi ikut memperparah kondisi hidung tersumbat yang kamu alami.


3.  Menggunakan Pelembap Udara

Tidak ada salahnya membeli dan menggunakan alat pelembap udara, atau biasa disebut dengan humidifier, jika kamu sering mengalami keluhan hidung tersumbat. Alat pelembap udara yang dipasang di kamar atau ruanganmu dapat menjadikan udara di sekitar menjadi lebih lembap. Keuntungannya, udara yang lembap akan mampu menenangkan iritasi yang menjadi sumber peradangan di hidung. Ketika iritasi mereda, gejala hidung mampet pun dijamin berkurang.


4.  Minum Air Putih Lebih Banyak

Ketika hidung mampet menyerang, cobalah mengonsumsi lebih banyak cairan. Masuknya cairan ke dalam tubuhmu akan membuat kekentalan lendir di hidung berkurang. Dengan demikian, lendir tersebut tidak akan terlalu menutupi rongga hidung dan kamu pun bisa bernapas lebih lega. Namun tentunya, tidak sembarangan cairan yang bisa membuat kamu mengatasi hidung tersumbat. Air putih dengan suhu yang hangat sangat dianjurkan. Yang tidak disarankan adalah mengonsumsi air dingin karena justru akan membuat lendir di hidung semakin sulit mencair.


5.  Keluarkan Lendir di Hidung

Apa yang biasa kamu lakukan ketika merasa hidung mampet dan sulit untuk bernapas? Hal ini menandakan adanya cairan lendir (mucus), atau yang sering disebut dengan ingus, yang menyumbat saluran pernapasanmu.


Jika selama ini kamu cenderung menghirup kembali ingus yang ada di hidung, hentikan kebiasaan tersebut. Menghirup ingus kembali justru membuat lendir menumpuk di rongga hidung dan semakin membuat gejala hidung tersumbat bertambah parah. Sebaiknya jika memang merasa ada ingus yang hendak keluar, keluarkanlah ingus tersebut.


Namun usahakan jangan membuang ingus terlalu kencang, karena malah akan mengirim kembali dahak pembawa kuman ke saluran telinga. Cara membuang ingus yang tepat adalah menutup salah satu lubang hidung, kemudian buang ingus di bagian lubang hidung yang tidak tersumbat.


6.  Menggunakan Dekongestan

Kamu bisa mengatasi hidung tersumbat dengan menggunakan obat bebas yang bisa dibeli di mana saja. Belilah obat oral atau obat nasal berjenis dekongestan. Obat jenis ini memiliki sifat zat yang mampu mengurangi peradangan di rongga hidung, dan peradangan inilah yang membuat hidung tersumbat. Jika ingin hasil yang lebih cepat, gunakan dekongestan yang berjenis nasal. Penggunaan obat ini adalah dengan cara disemprotkan ke hidung.


7.  Mandi dengan Air Hangat

Saran untuk mandi dengan air hangat akan banyak kamu terima ketika kamu mengalami hidung tersumbat. Cara mengatasi hidung tersumbat ini akan sangat ampuh untuk kamu yang mengalami hidung mampet karena gejala batuk dan pilek.


Uap dari mandi air hangat mampu membuat lendir di rongga hidung menjadi lebih cair dan mudah untuk dikeluarkan. Ketika lendir sudah menipis atau bahkan hilang, kamu pun bisa bernapas dengan normal lagi. Jangan lupa untuk menggunakan sabun antibakteri, seperti sabun cair Lifebuoy untuk memastikan kuman dan bakteri yang rentan menimbulkan peradangan di saluran pernapasanmu terbasmi dengan maksimal.


8.  Mengonsumsi Obat Antihistamin

Penyebab hidung tersumbat ada beraneka rupa, salah satunya adalah gejala alergi. Untuk kamu yang merasa hidung mampet karena alergi, cobalah mengonsumsi obat antihistamin. Obat ini mampu meredakan gejala alergi. Dalam artian, ketika mengonsumsi obat antihistamin, keluhan hidung tersumbat yang merupakan gejala alergi pun bisa dikurangi. Hanya saja, obat antihistamin menimbulkan efek samping berupa rasa kantuk yang kuat. Pastikan kamu tidak mengonsumsinya ketika mau beraktivitas yang butuh konsentrasi, seperti menyetir ataupun bekerja.


9.  Mengoleskan Minyak Eucalyptus

Cara lain mengatasi hidung tersumbat adalah mengoleskan minyak eucalyptus di kisaran hidungmu. Jenis minyak ini merupakan bahan alami yang sudah lama digunakan sebagai obat berbagai kondisi kesehatan. Untuk masalah hidung tersumbat, minyak eucalyptus pun mampu menjadi pereda yang mujarab. Cara menggunakan minyak ini bisa dengan cara dihirup ataupun dioleskan di area sekitar lubang hidung. Uap dari minyak eucalyptus mampu membuat lapisan lendir di rongga hidung menipis sehingga kamu dapat bernapas lebih lega. Beberapa pendapat bahkan mengatakan minyak eucalyptus dapat diminum untuk meredakan gejala masalah kesehatan, namun metode ini tidak disarankan karena dikhawatirkan efek sampingnya.


10.  Mengonsumsi Teh Herbal

Ini dia cara mengatasi hidung tersumbat dengan cara alami lainnya! Kamu bahkan akan merasa cara ini sebagai langkah pengobatan. Soalnya, kamu cukup mengonsumsi teh herbal untuk mengurangi gejala hidung mampet. Teh herbal, khususnya teh peppermint yang memiliki kandungan mentol, bisa menjadi dekongestan alami. Menyeruput teh ini hangat-hangat akan mampu membuat proses bernapas menjadi lebih lega karena peradangan di hidung berkurang. Kamu bisa meminum secangkir teh herbal sambil diiringi dengan musik ataupun ditemani biskuit. Selain bisa mengatasi hidung tersumbat, cara ini juga bisa mengurangi tingkat stres sehingga imunitas tubuh pun menguat.


 

Posting Komentar untuk "CARA MENGATASI HIDUNG MAMPET SEBELAH AMPUH!"